Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Obat Sariawan Alami, Ampuh dan Murah

Sariawan adalah suatu kondisi medis secara umum yang ditandai dengan adanya luka terbuka atau borok pada bagian dalam mulut, pada di lidah, pada bibir, di pipi bagian dalam, atau terletak di gusi. Sariawan dapat saja disebabkan oleh beberapa atau semua faktor, seperti infeksi oleh virus atau oleh bakteri, trauma pada jaringan mulut, reaksi alergi, kurangnya asupan vitamin tertentu, atau gangguan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa gejala yang sering terkait dengan sariawan antara lain rasa sakit atau terbakar pada daerah yang terkena, peradangan, dan kesulitan dalam makan atau minum. Sebagian besar sariawan pada dasarnya bisa sembuh sendiri dalam rentang waktu 7-10 hari tanpa pengobatan khusus. Namun, jika sariawan sering terjadi atau tidak kunjung sembuh, atau disertai gejala lain seperti demam atau pembengkakan kelenjar getah bening, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Obat sariawan alami untuk meredakan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan :

1. Air Garam

wartakota.tribunnews.com
Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam gelas yang berisi air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur selama beberapa detik, lalu keluarkan. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi rasa sakit dan membantu penyembuhan sariawan.

2. Madu

goodnewsfromindonesia.id
Madu mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan sariawan. Oleskan sedikit saja madu pada area sariawan beberapa kali sehari.

3. Lidah Buaya

jovee.id
Lidah buaya memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan pada sariawan. Ambil gel lidah buaya dan oleskan langsung ke area sariawan.

4. Kunyit

id.wikihow.com
Kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit pada sariawan. Campurkan bubuk kunyit dengan air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada area sariawan beberapa kali sehari.

5. Teh Peppermint

lifestyle.okezone.com
Teh peppermint mengandung zat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit pada sariawan. Seduh teh peppermint, tunggu hingga sedikit dingin, lalu berkumur-kumur dengan air teh peppermint tersebut selama beberapa detik.

Nah itulah beberapa tips cara mengobati sariawan dengan cara alami dan murah. Namun, jika sariawan Anda tidak kunjung sembuh atau semakin parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.

Post a Comment for "5 Obat Sariawan Alami, Ampuh dan Murah"