Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlu diketahui ! Penyakit Apa Saja yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan menanggung berbagai jenis penyakit dan kondisi medis yang membutuhkan perawatan kesehatan, baik itu penyakit akut maupun kronis. Berikut adalah beberapa contoh penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan:

Contoh penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan :

Penyakit Infeksi

sehatqu.com
Penyakit infeksi adalah kondisi medis yang disebabkan oleh invasi mikroorganisme, seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit ke dalam tubuh manusia Seperti flu, demam, diare, infeksi saluran kemih, dan lain-lain.

Penanganan penyakit infeksi tergantung pada penyebabnya dan bisa meliputi pemberian antibiotik, antiviral, atau antijamur, serta tindakan pencegahan seperti vaksinasi atau penerapan prinsip-prinsip sanitasi dan kebersihan yang baik. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter menggunakan BPJS

Penyakit Jantung

suara.com
Penyakit jantung adalah kondisi medis yang terjadi ketika jantung tidak berfungsi dengan baik. Beberapa jenis penyakit jantung meliputi penyakit jantung koroner, gagal jantung, aritmia, dan lain-lain.

Penyakit jantung dapat dicegah dengan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan mengelola stres. Biaya pengobatan penyakit jantung adalah salah satu yang termahal,namun Anda jangan kawatir karena pengobatan penyekit tersebut sudah ditanggung BPJS

Penyakit Paru

liputan6.com
Penyakit paru adalah kondisi medis yang memengaruhi kesehatan paru-paru. Beberapa jenis penyakit paru meliputi: Seperti asma, bronkitis, pneumonia, dan lain-lain.

Penanganan penyakit paru tergantung pada penyebabnya dan bisa meliputi pengobatan dengan obat-obatan, terapi fisik, dan tindakan medis lainnya. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit paru, seperti batuk, sesak napas, atau sakit dada.perlu diketahui bahwa pengobatan penyakit paru juga dicover oleh BPJS

Penyakit Endokrin

klikdokter.com
Penyakit endokrin adalah kelainan yang terjadi pada sistem endokrin, yaitu kelenjar-kelenjar yang menghasilkan hormon dalam tubuh. Beberapa jenis penyakit endokrin Seperti diabetes, hipertiroidisme, hipotiroidisme, dan lain-lain.

Penanganan penyakit endokrin tergantung pada penyebabnya dan bisa meliputi pemberian obat-obatan, terapi hormon, atau tindakan bedah. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit endokrin, seperti peningkatan berat badan, kelelahan, dan gangguan menstruasi. Untuk mencegah penyakit endokrin, disarankan untuk menjaga pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan yang sehat.

Penyakit Ginjal

herminahospitals.com
Penyakit ginjal adalah kondisi medis yang memengaruhi fungsi ginjal, organ yang berfungsi menyaring limbah dan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Beberapa jenis penyakit ginjal Seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, gagal ginjal, dan lain-lain.

Penanganan penyakit ginjal tergantung pada penyebabnya dan bisa meliputi pemberian obat-obatan, terapi diet, dan tindakan medis lainnya, termasuk transplantasi ginjal. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit ginjal, seperti nyeri pinggang, masalah buang air kecil, dan pembengkakan. Untuk mencegah penyakit ginjal, disarankan untuk menjaga tekanan darah dan gula darah yang sehat, menghindari merokok, dan memperhatikan asupan cairan dan makanan yang dikonsumsi.

Penyakit Kulit

halodoc.com
Penyakit kulit adalah kondisi medis yang memengaruhi kulit dan dapat menyebabkan berbagai gejala seperti ruam, gatal, kulit kering,jerawat, eksim, psoriasis, dan lain-lain.

Penyakit Kanker

dw.com
Penyakit kanker adalah kondisi medis yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel abnormal dan tidak terkendali di dalam tubuh. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya dan merusak jaringan dan organ. Beberapa jenis kanker yang umum seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, dan lain-lain.

Penanganan kanker tergantung pada jenis dan stadium kanker, dan bisa meliputi pemberian obat-obatan, radiasi, dan tindakan medis lainnya seperti operasi. Terkadang terapi kombinasi dari beberapa jenis pengobatan diperlukan untuk mengobati kanker. Pencegahan kanker dapat dilakukan dengan menghindari faktor risiko seperti merokok, terpapar bahan kimia berbahaya, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, pemeriksaan kesehatan secara rutin dan deteksi dini kanker dapat membantu memperbaiki prognosis dan peluang kesembuhan.

Penyakit Saraf

merdeka.com
Penyakit saraf adalah kondisi medis yang memengaruhi sistem saraf, yaitu sistem kompleks yang terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, dan saraf perifer yang mengirimkan sinyal dari dan ke seluruh bagian tubuh. Beberapa jenis penyakit saraf Seperti stroke, epilepsi, demensia, dan lain-lain.

Penanganan penyakit saraf tergantung pada penyebabnya dan bisa meliputi pemberian obat-obatan, terapi fisik, dan tindakan medis lainnya, seperti operasi. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit saraf, seperti kelemahan otot, kesulitan berjalan, atau gangguan memori. Untuk mencegah penyakit saraf, disarankan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, menghindari cedera kepala, dan memperhatikan nutrisi yang seimbang.

Penyakit Pencernaan

klikdokter.com
Penyakit pencernaan adalah kondisi medis yang memengaruhi saluran pencernaan, yaitu sistem organ yang digunakan untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis penyakit pencernaan seperti gastritis, ulkus lambung, hepatitis, dan lain-lain.

Penanganan penyakit pencernaan tergantung pada penyebabnya dan bisa meliputi pemberian obat-obatan, perubahan pola makan, terapi cairan dan elektrolit, dan tindakan medis lainnya seperti operasi. Untuk mencegah penyakit pencernaan, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, membatasi konsumsi alkohol dan kafein, dan menjaga berat badan yang sehat. Jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit pencernaan yang berat atau berkelanjutan, segera konsultasikan ke dokter.

Penyakit Tulang dan Sendi

rsmardirahayu.com
Penyakit tulang dan sendi adalah kondisi medis yang memengaruhi struktur tulang dan sendi, termasuk tulang rawan, tendon, dan ligamen. Beberapa jenis penyakit tulang dan sendi Seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, patah tulang, dan lain-lain.

Penanganan penyakit tulang dan sendi tergantung pada penyebabnya dan bisa meliputi pemberian obat-obatan, terapi fisik, dan tindakan medis lainnya seperti operasi. Untuk mencegah penyakit tulang dan sendi, disarankan untuk menjaga berat badan yang sehat, berolahraga secara teratur, menghindari cedera pada sendi, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit tulang dan sendi yang berat atau berkelanjutan, segera konsultasikan ke dokter.

Penutup

Selain jenis penyakit yang disebutkan diatas,BPJS Kesehatan juga menanggung berbagai jenis pemeriksaan kesehatan, termasuk pemeriksaan darah, urine, dan radiologi, serta prosedur medis, seperti operasi dan rawat inap. Namun, perlu dicatat bahwa ada batasan tertentu pada jenis perawatan dan prosedur medis yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, seperti batasan jumlah obat yang dapat diberikan, serta batasan jumlah kunjungan ke dokter spesialis dalam satu tahun.

Post a Comment for "Perlu diketahui ! Penyakit Apa Saja yang Ditanggung BPJS Kesehatan"